Rabu, 02 Maret 2011

PERTAMBANGAN DI KOTA TUBAN

PERTAMBANGAN PDF Print E-mail
Sunday, 13 September 2009 06:59
KAWASAN INDUSTRI DI KABUPATEN TUBAN
Kegiatan Industri dan Investasi di kabupaten tuban berkembang pesat selama dua dekade terakhir, Perkembangan industry tersebut tidak terlepas dari berbagai fasilitas pendukung investasi yang memadai di kabupaten Tuban. Salah satu komponen utama pendukung investasi adalah tersedianya lahan atau kawasan yang sesuai arahan perenanaan tata ruang diperuntukan bagi kawasan industry. Luasan kawasan industry di kabupaten tuban adalah 49.210,65 Ha. Kawasan industry tersebut terbagi  dalam 3 (tiga) zona pengembangan industri antara lain :



ZONA I
Berpusat di Kecamatan Bancar dengan luas lahan 5.802,01 Ha. Potensi industri yang dapat dikembangkan meliputi industry keramik, kaca dan barang, hasil laut dan pertanian. Potensi industry/investasi di Zona I terdiri dari pasir kwarsa dan clay dengan sebaran di Desa Sembungin, Kayen, Latsari, Tlogoagung, Ngujuran, Sukorejo, Karangrejo dan sukolilo. 
ZONA I
Berpusat di Kecamatan Jenu, Tambakboyo, Kerek dan Merakurak dengan luas lahan 34.182,67 Ha. Kegiatan Industri di zona II diarahkan untuk kegiatan investasi di bidang industry berat dan manufaktur.  Beberapa perusahaan besar yang telah beroperasi di Zona II diantaranya PT. Semen Gresik Tbk, PT. TPPI Pt, Pertamina, PT Tuban Support Base dan PT. Holcim. 
ZONA III
Meliputi kecamatan Semanding, Palang, Widang, Plumpang, Grabagan, Soko dan Rengel.  Potensi investasi yang dapat dikembangkan pengolahan hasil tambang seperti gas dan minyak bumi, batu kapur, dolomite, phosphate, clay keramik dan pupuk.  Perusahaan yang sudah beroperasi di zona III diantaranya JOB. Pertamina- Petrochina bergerak dibidang eksplorasi dan eksploitasi migas dan PT. Pentawira Agraha Sakti yang bergerak di bidang pengolahan batu kapur.  Dalam jangka dekat juga akan beroprasi PT. Gasuma yang akan mengolah limbah gas buangan dari JOB. Pertamina-Petrochina East Java menjadi gas untuk keperluan rumah tangga.
INFRASTRUKTUR PENDUKUNG INVESTASI 
Dalam melakukan investasi, perusahaan senantiasa berpedoman pada hasil analisa feasibility Study.  Banyak factor yang menjadi bahan pertimbangan calon investor sebelum memulai suatu investasi, Kabupaten Tuban  selain memiliki potensi sumberdaya alam yang melimpah juga dukungan kawasan industri  untuk pengolahan bahan baku.  Infrastruktur pendukung perekonomian daerah yang menjadi prioritas pembangunan di kabupaten Tuban ternyata berpengaruh positif pada iklim investasi, karena infrastruktur yang tersedia juga dibutuhkan oleh investasi bagi kelancaran kegiatan industry.Infrastuktur pendukung investasi antara lain mantapnya kondisi jalan, tersedianya sarana prasarana transportasi, jaringan listrik sampai ke seluruh desa.  Jaringan komunikasi, jaringan air bersih, perbankan, perhotelan.  Pendukung investasi lainnya adalah adalah perangkat hokum, Unit Pelayanan Terpadu (UPT) perijinan.  Keamanan dan kondisi social kemasyarakatan yang kondusif. Dari kegiatan investasi diharapkan dapat terjadi imbal balik yang saling menguntungkan antara pelaku usaha dengan daerah.  Diantaranya membuka lapangan kerja, stimulan bagi pertumbuhan perekonomian daerah serta memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD ). 
POTENSI BAHAN TAMBANG
Kabupaten Tuban memiliki potensi tambang yang cukup besar.  Hampir sepertiga wilayah Kabupaten Tuban  merupakan wilayah perbukitan kapur yang melintang dari barat ke timur termasuk dalam formasi rembang.  Selain mempunyai potensi batu kapur, perbukitan yang ada di kabupaten Tuban juga memiliki beraneka ragam jenis bahan galian tambang. 
Potensi bahan galian golongan C berupa :
-  Batu Kapur deposit              :      71.089.531.362 ton
- Dolomit                               :        3.723.382.021 ton
- Pasir Kwarsa                       :           499.067.420 ton
-  Tanah Liat                          :            54.733.699 ton
Mineral Ikutannya terdiri dari :
-  Kalsit (batu bintang)             :         984.877.344 ton
-  Batu Phospat                       :             3.073.275 ton
-  Ballclay                               :            11.066.842 ton
-  Trass                                 :            49.893.391 ton 
Kabupaten Tuban memiliki potensi minyak bumi , sejak ditemukan sumber minyak bumi belum diketahui deposit jumlah minyak bumi namun hasil produksi dari 2 perusahaan yang ada di kabupaten Tuban dapat diketahui jumlah produksi per tahun. Pada tahun 2008 JOB Petrochina berproduksi rata-rata 1.442.605 barel sedangkan Pertamina Cepu rata-rata sebesar 62.928.68 barel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar